Suku Walak Merupakan salah satu sub suku bangsa dari Bangsa Papua terutama Suku-suku koteka (Koteka Tribal People) sebagai suku pribumi yang ditempatkan TUHAN di kawasan Pegunungan Tengah Papua, yang mana secara ekstensional kini mendiami Bumi Balim sebagai Tanah Leluhur Suku-suku Bangsa Pribumi Papua.

Suku Walak atau Walak adalah nama suku atau suatu kelompok kecil dari Indonesia bagian Timur di Provinsi Papua terutama Suku-suku Koteka (Koteka Tribal People) atau lebih khususnya seperti suku Dani dan suku Lani, Suku Walak terletak di antara kedua suku ini.

Sebelum banyak orang mengetahui tentang Suku Walak, Suku Walak dipopulerkan oleh Pdt. Markus Kilungga, STH. Beliau adalah sebagai seorang penerjemah Alkitab dalam Bahasa Walak, anda bisa lihat Info.selengkapnya baca disini, juga beliau adalah seorang penulis buku, dalam Bahasa Walak dan bahasa Indonesia dan masih mencetak buku-buku sampai sekarang 2014 saat penulis memosting artikel ini dan sampai kapan beliau akan terus menulis atau akan berhenti dan kami belum sempat menyakan hal itu kepadanya. (Wandikbo Bael)
Suku Walak dan Suku Dani memiliki ciri khas kebudayaan yang sama - Foto: Festival Lembah Baliem 2016
Selengkapnya : Suku Walak Dan Keberadaan

Penulis : [Wandikbo BL]