Buat kamu, teman-teman remaja Papua, mengajak anda ke dunia kesadaran remaja, kini perkembangan yang sedang terjadi di Papua sangat memprihantikan. Penyebabnya adalah seperti yang kita sudah ketahui bersama dan sedang menjalani, dan itu kita memiliki pandangan yang berbedah, salah satunya adalah antara pro Papua merdeka harga mati dan pro NKRI harga mati.
Pace ganteng deng amber dong - Via: naworlano.doc.
Mengungkapkan kesalahan dan masalah di Papua adalah bukan hal yang perlu saya menulis disini, tetapi teman-taman sudah tahu dan saya ingin mengajak sobat remaja Papua bahwa :

"Tuhan berikan kecantikanmu yang luar biasa cantik dan kegantenganmu yang begitu tampan, tetapi satu hal yang perlu diingat!, ingatlah bahwa Papua telah hancur dengan barbagai macam cara, entah melalui apa saja itu yang bisa di gunakan, maka teman-taman remaja Papua yang harus anda lakukan adalah tolong kurangi hal-hal yang negatif dan sadarlah kapan Papua bebas dan maju kapan, kapan dan kapan?"
Masih mudah ko sudah sadar akan kebaikan dan kesadaran arti dari hidup itu sesungguhnya, anda  akan melihat senyuman dari tumbuhan dan binatang yang tidak pernah anda bayangkan.
Satu hal lain yang terakhir adalah berpikirlah tentang kemajuan dan hal-hal yang menbangun Papua.

Semoga anda mengerti dan memahami meskipun begitu singkat maksud dan tulisan saya. Sobat yang sudah mampir disini dan sudah baca teks ini bisa mengajak teman anda akan kesadaran, kemajuan dan kebaikan. (aDeWaMeNa)