Setelah pembacaan kondisi perkembangan generasi muda Suku Walak, seiring perputaran era dan zaman saat ini, generasi muda Suku Walak sangat jauh dari perkembangan dalam pendidikan Media dunia Maya dan menguasai di bidang Teknologi dan Komputerisasi yang baik, seperti kawan-kawan generasi dari suku besar lain. Kebanyakan generasi muda  Suku Walak hampir semua menguasai di bidang Pendidikan dan bidang-bidang yang kebanyakan orang tekuni.
Ilustrasi - Via: Komunitas Kotsal Malang
Mengingat perkembangan era dan zaman saat ini sangat membutuhkan sumber daya  manusia yang mampu menguasai teknologi berbasis komputerisasi, mampu bersaing dengan generasi muda dunia/ bangsa lain dalam pencaturan SDM berkemampuan tinggi.

Sisihkan waktu untuk belajar /khursus bila perlu, di bidang komputer keliatan sangat sulit, waktu luang setelah kuliah, atau sekolah dihabiskan dengan bermain-main yang tidak ada manfaatnya.semnatara orang lain sudah melangkah jauh menguasai semua bidang, Oleh karena itu di harapkan kepada segenap generasi muda Suku Walak berlari mengejar dengan segenap kemampuan untuk menguasai atau belajar di bidang teknolohgi berbasis komputer.( Komputer dan bahasa Inggris)

Di Dunia profesionalisme kerja, semua membutuhkan SDM yang menguasai Teknologi, berkemampuan tinggi, profesiaonlisme, mandiri dan elegan.Gelar dan predikat pendidikan yang lain sangat tidak dibutuhkan oleh dunia etos kerja. Dunia kerja sangat membutuhkan kemampuan tinggi, wawasan luas, berkemampuan menganalisa dan menguasai management konflik, serta profesionalisme dalam teknologi dll.

Oleh karena itu di harapkan kepada  generasi muda Suku Walak, Jangan buang-buang waktu untuk belajar Komputer dan Bahasa Bidang Komputer yang perlu di tingkatkan adalah :
  1. Microscof EXEL ,
  2. Power Point,
  3. Pembuatan Design Web,
  4. Aplikasi (bongkar Pasang semua)
  5. Internet dll.
Selain itu waktu -waktu kosong selalu aktif dalam dunia Maya, dengan memperbanyak pengetahuan arah dan perputaran  politik dan ekonomi melalui Internet, menguasai media, dlll.

Salah satu contoh kecil.di Facebook segelincir generasi muda Walak yang aktif dan sedang belajar dan membaca perkembangan Dunia.
Pertanyaannya adalah dimana generasi muda Walak lain yg kuliah di Jayapura, Manado,Se-Jawa dan Bali?. waktu-waktu kosong habiskan di bidang apa?.habis dengan nongrong atu tidur-tidur saja? atau mabuk-mabukan saja?  berapa sih harga masuk di warnet atau  khursus ?.

Saya tantang kepada Generasi muda Walak, bahwa  jangan hidup dan belajar dari bayang-bayang orang lain, keluar dan belajar lalu buktikan siapa diri anda.

Kita sedang menuju kepada pembebasan Nasional bagi West papua, siapa yang akan mengisi kemerdekaan itu kedepan? sementara orang tua Walak sebagai penentu  pembebasan Nasional bagi kemerdekaan West Papua, namun yang akan mengisi org lain?

Ataukah kita hanya berpangku tangan menonton generasi lain bermain dan menguasai kemerdekaan itu?,dan menguasai dunia kerja sekarang dengan berkemampuan tinggi?.

Kalau ko anak Walak, Buktikan bahwa kamu BISA!!!

Jangan pernah malu dengan anda sebagai orang Walak,siapa yang larang? dunia ini milik kita bersama, semua manusia sama, apa bedanya?.

Buktikan !!!

Kurangi waktu main, dan belajar di media terlalu banyak, aktifkan dirimu dalam dunia maya.

Waaaa...Nit ndak ar o Wanlak.

Via : Ikatan Keluarga Besar Suku Walak (IKWAL)